Seperti yang kita ketahui dari kegiatan pembelajaran di sekolah, selain melakukan aktivitas belajar di kelas, terdapat juga beberapa sekolah yang menerapkan konsep studi lapangan atau yang biasa disebut dengan Fieldtrip ini. Fieldtrip merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah. Dengan adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah, siswa mampu belajar lebih banyak dan mendapat pengalaman lebih dari kegiatan mereka di luar sekolah yang bisa sekaligus melatih diri sang anak untuk hidup lebih mandiri. Dapat kita lihat apabila siswa yang sering diajak Fieldtrip, mereka mampu bekerja lebih aktif, dapat belajar untuk hidup bermandiri, menyegarkan beban pikiran, menghilangkan rasa bosan dengan terus belajar di dalam kelas, belajar banyak hal tentang fakta di sekitar mereka sehingga mereka mampu memperoleh informasi lebih untuk bekal diri mereka. Para siswa juga dapat dilatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan luar mereka untuk menjadi orang yang lebih berpengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat. Harapannya kegiatan ini membuka wawasan siswa/siswi agar mampu melihat kehidupan yang ada di luar kehidupan mereka sehingga mereka mampu mengambil kesimpulan atau memperoleh pengertian yang baru tentang kehidupan mereka sekarang ini.
Fieldtrip bukanlah suatu kegiatan bagi para murid untuk bertamasya ataupun bermain saja diluar lingkungan sekolah. Namun Fieldtrip tersebut dilakukan dengan menyertakan tugas laporan yang hendak mereka cari tentang informasinya. Para murid biasanya diberi suatu kertas laporan untuk menuliskan informasi apa saja yang mereka dapatkan lalu diberi tes berupa ulangan untuk mencoba pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan studi lapangan tersebut.
Pada fieldtrip kali ini SMK Muhammadiyah mengadakan kegiatan di Kota Batu – Malang yaitu Di Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Museum Angkot yang dilakukan pada tanggal 10-11 November 2016 yang merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang berupa kunjungan industri.
Harapannya dengan adanya fieldtrip ini siswa/siswi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis siswa/siswi ditandai dengan timbulnya keaktifan siswa/siswi dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis, mengefektifkan siswa/siswi dalam pembelajaran (aktif bertanya, maupun memberikan tanggapan), memudahkan siswa/siswi untuk menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan, siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya. Dengan melihat objek secara langsung, daya imajinasi siswa juga akan berkembang dan siswa/siswi lebih nyaman dan senang ketika pembelajaran berlangsung.